• Thu. Oct 29th, 2020

Robert Downey Jr Restorasi Bmw Klasik Tahun 1974

momobil.id – Jika menonton film Iron Man, karakter Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr. diceritakan memiliki banyak koleksi mobil mewah. Di kehidupan aslinya, RDJ (panggilan Robert Downey Jr.) rupanya juga menggemari dunia otomotif. Hal ini terlihat usai ia melakukan restorasi sebuah BMW klasik.

RDJ mempercayakan bengkel restorasi SpeedKore untuk melakukan restorasi BMW klasik yakni BMW 3.0 CS tahun 1974. Seperti dilansir Liputan6.com, baru kali SpeedKore mengerjakan pesanan RDJ untuk mobil non-Amerika. Pasalnya, hampir semuanya mobil klasik dan muscle vehicles RDJ berasal dari Amerika seperti Ford, Chevrolet, Dodge dan Plymouth.

Tentu kehadiran BMW jadi PR besar buat SpeedKore, sehingga harus benar-benar digarap serius agar sentuhan pada mobil Eropa itu memuaskan.

SpeedKore merestorasi besar-besaran bagian bodi baja di sekujur BMW. Memberikan sentuhan serat karbon pada entrance air dam (body kit di bawah bumper depan), rocker molding (panel molding) dan bumper depan. Tujuannya agar mobil memiliki penampilan klasik fashionable.

Cat bodi dibuat sesuai warna aslinya Brick Red, plus grille orisinil BMW. Sekeliling kaca mendapat sentuhan ceramic coating warna titanium grey dari Cerakote. Velg mengadopsi HRE mannequin three-piece cast wheel, membuat tampilan menjadi stand out dan serasi. Untuk peredam kejut, bawaan standar yang sudah usang diganti dengan Bilstein agar bantingan menjadi lebih enak. Untuk rem mengaplikasi satu set Brembo enam piston di bagian depan dan empat piston di bagian belakang.

Sentuhan lain pada eksterior adalah beltline molding orisinil tetap dipertahankan tapi dibuat customized agar mendapatkan kesan warna serbuk kayu dengan teknik hydro-dipped. Downey Jr sendiri yang meminta modifikasi itu agar dibuat senada dengan warna interiornya.

Baca juga: Ketahui Tiga Komponen Penting Kopling Mobil Manual

Bagian kabin memang didominasi oleh warna abu-abu dan coklat kopi. Sentuhan warna kayu abu-abu terlihat pada setir Nardi dan fascia dashboard. Berpadu apik dengan panel pintu dan jok berwarna coklat kopi. Kabin mobil menjadi terlihat elegan dan mahal.

SpeedKore juga melakukan remolding setiap bagian dashboard agar instrument cluster yang baru dari Classic Instruments dapat terpasang dengan presisi. Sentuhan modern ditambahkan dengan memasang monitor layar sentuh untuk infotainment yang posisinya tersembunyi. Kursi belakang dihilangkan, diganti dengan flat dek kemudian pada bagasinya ditambahi dengan cooler dari Yeti yang terbungkus kulit.

Setelah eksterior dan inside, gantian sektor jantung pacu jadi korban. Mesin 6 silinder segaris 3.zero Liter M30 dibuang diganti dengan mesin injeksi S38 yang terdapat pada generasi BMW M5 E34. Tenaga jadi melonjak jauh dari one hundred eighty Tk menjadi 311 Tk. Namun sektor girboks tidak diubah, masih tetap mengadopsi yang lama ZF otomatis 4 percepatan.

Sumber gambar: Motor1.com